Layanan Baca di Tempat

Layanan yang disediakan bagi pemustaka untuk memanfaatkan koleksi yang ada untuk dibaca di area perpustakaan. Pemustaka bebas memanfaatkan bahan pustaka yang ada. Bagi civitas akademika SMA Negeri 1 Pundong, bahan pustaka bisa dipinjam keluar sesuai tata tertib yang berlaku atau bebas memanfaatkan di tempat. Bagi pengunjung selain civitas akademika SMA Negeri 1 Pundong, harap mengisi buku tamu terlebih dahulu sebelum memanfaatkan bahan pustaka di Perpustakaan Indra Prastha. Pemustaka diwajibkan mematuhi ketentuan SOP pelayanan yang ditetapkan.

Layanan Sirkulasi

Layanan sirkulasi merupakan pelayanan peminjaman, pengembalian dan perpanjangan koleksi beserta penyelesaian administrasinya. Perpustakaan Indra Prastha menerapkan layanan terbuka (Open Access). Sistem ini membebaskan pengunjung ke tempat koleksi perpustakaan (rak/komputer), dapat melalui browsing, membuka-buka, melihat buku dan mengambil sendiri. Tersedia katalog offline dan juga online yang memudahkan pemustaka dalam menemukan koleksi.
Koleksi yang akan dipinjam, dikembalikan, atau diperpanjang harus diserahkan kepada petugas perpustakaan untuk direkam dalam sistem otomasi di meja sirkulasi.

Layanan Referensi

Layanan Referensi merupakan pemberian bantuan kepada pengguna perpustakaan/ pemustaka untuk menemukan informasi dengan cara menjawab pertanyaan menggunakan koleksi referensi, serta memberikan bimbingan untuk menemukan dan memakai koleksi referensi.

Layanan referensi juga suatu kegiatan pelayanan untuk membantu pemustaka menemukan informasi dengan cara menerima pertanyaan-pertanyaan dari para pemustaka dan menjawab dengan menggunakan koleksi referensi yang ada; membimbing pemustaka untuk menemukan koleksi referensi dan mencari informasi yang dibutuhkan dan penggunaan bahan pustaka koleksi referensi; memberikan pengarahan dan bantuan pada pengguna mengenai cara menggunakan perpustakaan maupun koleksi referensi; memberikan petunjuk tentang bagaimana cara memilih dan memilah bahan pustaka dalam kelompok koleksi referensi yang bermutu dan berbobot ilmiah agar diperoleh sumber referensi yang berdaya guna maksimal.

Jenis layanan Referensi

  • Layanan Meja Informasi (reference desk)
  • Layanan Bimbingan Penggunaan Koleksi Referensi
  • Layanan Penelusuran
  • Layanan Konsultasi
  • Layanan Kesiagaan Informasi (current information services)
  • Layanan Umum Terkait Perpustakaan dan sumber informasi

Layanan Penelusuran Informasi

Layanan ini membantu pemustaka mendapatkan informasi secara tepat, cepat dan akurat, sehingga relevan untuk temu kembali informasi. Layanan diberikan kepada pemustaka untuk menelusuri informasi yang dibutuhkan. Penelusuran bisa dilakukan dengan media OPAC (Online Public Access Catalogue) katalog manual, repository, dan e-resources. Layanan dilanjutkan dengan penelusuran informasi di rak untuk menemukan koleksi yang dimaksud.

Layanan Bimbingan Literasi Informasi

Layanan ini berupa bimbingan dan peran perpustakaan dalam meningkatkan pemahaman informasi, termasuk layanan pengenalan perpustakaan kepada siswa baru dalam rangkaian kegiatan pendidikan pemustaka (user education). Layanan ini diantaranya adalah dalam bentuk memberikan bimbingan maupun dalam bentuk peranan. Setiap tahun perpustakaan melakukan kegiatan pendidikan pemakai khususnya bagi siswa baru. Selain itu perpustakaan secara rutin juga memberikan bimbingan teknis terkait peningkatan keterampilan literasi informasi.

Layanan Penyediaan Dokumen

Layanan  yang berkaitan dengan permintaan dokumen tertentu yang dibutuhkan oleh civitas akademika sekolah baik untuk kepentingan pembelajaran, penilaian (assessment), dan visitasi lapangan akreditasi di antaranya:

  1. Dokumen yang memuat data koleksi perpustakaan
  2. Dokumen yang memuat data SDM (tenaga perpustakaan)
  3. Dokumen statistik kunjungan, peminjaman/pemanfaatan koleksi
  4. Dokumen pemanfaatan koleksi elektronik/digital (e-resources)
  5. Dokumen yang memuat sarana dan fasilitas perpustakaan
  6. Dokumen laporan tahunan, triwulan dan tahunan perpustakaan
  7. Dokumen soal – soal ujian yang pernah diujikan di sekolah
  8. Dokumen penunjang akreditasi lainnya

Dokumen yang dibutuhkan dapat berupa soft file ataupun hard file.

Layanan Silang Layan

Layanan yang diberikan dalam bentuk kerja sama dengan perpustakaan lain dalam hal pemberian jasa informasi dan atau peminjaman fasilitas antar anggota kerja sama bahkan pertukaran koleksi. Perpustakaan Indra Prastha bekerja sama dalam hal silang layan dengan Perpustakaan Daerah Kab. Bantul dan juga SMA Negeri 1 Kretek.

Layanan Ekstensi

Layanan yang diberikan kepada masyarakat di luar lingkungan sekolah, berupa bimbingan literasi maupun penyediaan koleksi. Layanan ekstensi SMA Negeri 1 Pundong yang sudah berjalan yaitu penyediaan rak baca di Puskesmas Pundong dan penyediaan koleksi di Balai Rehabilitasi Terpadu Daerah DIY. 

  • https://karir.unidha.ac.id/slot-gacor/
  • https://dlhk.jogjaprov.go.id/slot-gacor/
  • https://psmn.untar.ac.id/slot-gacor/
  • https://agrotechnopark.unej.ac.id/
  • https://dana123-vietnam.powerappsportals.com/
  • https://linkdana123.com/
  • https://bizarrearea.com/
  • https://ikatbola.com/